Back

6 Teknik Job Enrichment untuk Mengembangkan Karyawan

Pengembangan karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu metode yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan karyawan adalah job enrichment. Pada artikel ini kami akan membahas enam teknik job enrichment yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan karyawan.

Pengertian Job Enrichment

job enrichment adalah metode yang digunakan untuk mengembangkan karyawan. Metode ini biasanya digunakan dengan cara menambahkan dimensi pekerjaan pada karyawan untuk membuat mereka termotivasi dan tidak cepat bosan dengan pekerjaannya.

Tujuan dari dilakukannya metode pengembangan karyawan ini adalah untuk menciptakan pekerjaan yang memotivasi karyawannya. Sehingga, karyawan tidak mudah bosan dalam mengerjakan tugas-tugas dalam pekerjaannya.

Tak hanya membuat pekerjaan yang memotivasi karyawan, metode job enrichment ini juga menambahkan tanggung jawab ekstra dalam pekerjaan. Jadi, karyawan merasa pekerjaannya penting dan lebih bermakna, sehingga mereka akan berusaha lebih giat untuk menyelesaikannya.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan job enrichment guna mengembangkan karyawan agar perusahaan bisa menjadi lebih sukses.

 

6 Teknik Job Enrichment untuk Mengembangkan Karyawan

Dalam metode pengembangan karyawan ini ada enam teknik job enrichment yang bisa Anda lakukan. Simak enam teknik job enrichment untuk mengembangkan karyawan berikut ini.

1.    Melakukan Rotasi Pekerjaan

Rotasi pekerjaan bisa menjadi cara untuk mengembangkan karyawan Anda. Anda bisa merotasi karyawan Anda dari satu divisi pekerjaan ke divisi lainnya. Dengan melakukan rotasi pekerjaan, karyawan Anda dapat mempelajari keterampilan baru dari divisi yang berbeda.

Saat karyawan bekerja pada divisi yang berbeda, maka mereka bisa mengembangkan keterampilan lainnya yang mereka miliki. Karyawan juga menjadi tidak mudah bosan karena mereka perlu belajar lagi untuk melakukan pekerjaannya.

2.    Menggabungkan Tugas Pekerjaan

Teknik job enrichment lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan karyawan adalah dengan memberikan pekerjaan yang lebih menantang. Untuk membuat pekerjaan yang lebih menantang, Anda bisa menggabungkan beberapa tugas pekerjaan menjadi lebih kompleks. Sehingga, karyawan merasa tertantang untuk mengerjakannya.

Menggabungkan tugas pekerjaan dapat meningkatkan identitas pekerjaan menjadi lebih signifikan. Di mana hal ini akan berdampak pada tanggung jawab karyawan yang lebih besar. Jadi, peran karyawan dalam mengerjakan pekerjaannya menjadi lebih penting.

3.    Membuat Tim Berbasis Proyek

Biasanya, perusahaan membentuk tim berdasarkan keterampilan yang sama. Jadi, cobalah mengubah kebiasaan tersebut dengan membuat tim yang terdiri dari karyawan dengan keterampilan yang berbeda satu sama lainnya.

Misalnya, Anda dapat membagi satu divisi menjadi unit proyek terintegrasi yang terdiri dari berbagai karyawan seperti storyboard, copywriter, dan desainer. Di mana semua karyawan dapat bekerja sama untuk satu klien atau satu kampanye.

Dengan membuat tim berbasis proyek seperti ini, Anda telah mengembangkan karyawan untuk bisa membangun hubungan dengan klien dan mencurahkan keterampilannya masing-masing dalam menyelesaikan proyek.

4.    Membangun Tim yang Mandiri

Selain mengembangkan karyawan secara personal, Anda juga bisa mengembangkan karyawan dengan berkelompok. Misalnya, Anda dapat membangun sebuah tim yang mandiri.

Anda bisa mencoba untuk membuat sebuah tim yang mandiri. Di mana ada satu karyawan yang dapat mengatur dan mengendalikan diri mereka sendiri beserta anggota tim lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan bertanggung jawab.

Teknik job enrichment ini secara tidak langsung telah membuat karyawan menjadi mandiri untuk bisa mengawasi diri sendiri. Teknik ini juga bisa membangun keterampilan kepemimpinan dan manajemen pada karyawan yang ditunjuk sebagai ketua.

5.    Memberikan Wewenang untuk Mengambil Keputusan

Karyawan Anda akan lebih merasa termotivasi jika mereka mengetahui apa yang mereka katakan dan kerjakan membuat sebuah perubahan ke hal yang lebih baik untuk perusahaan. Jadi, cobalah izinkan karyawan Anda untuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan terlibat dalam perencanaan strategis.

Teknik ini dapat menunjukkan kepada karyawan bahwa masukkan yang mereka berikan penting dan membawa perubahan yang baik terhadap perusahaan.

6.    Memberikan Feedback yang Efektif

Memberikan feedback kepada karyawan bisa menjadi cara untuk meningkatkan kinerja mereka. Oleh karena itu, Anda perlu menyampaikan seberapa baik kinerja karyawan Anda, apakah sesuai ekspektasi yang Anda inginkan atau tidak.

Selain memberikan feedback, Anda juga perlu mengevaluasi dan memantau kinerja dari karyawan Anda. Perhatikan kinerja mereka dalam memecahkan masalah, mengambil inisiatif, dan membuat keputusan. Pastikan karyawan bisa melakukannya dengan baik, jika tidak berikanlah saran agar mereka bisa berkembang lebih baik lagi.

Dengan melakukan enam teknik job enrichment di atas Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan kemampuan karyawan. Karena, penerapan job enrichment dapat meningkatkan performa kinerja sumber daya manusia serta meningkatkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan masing-masing. Di mana hal ini akan membantu perusahaan untuk bisa berkembang dan maju dengan lebih cepat.

 

Citatitation:

https://www.aihr.com/blog/job-enrichment/

https://www.mindtools.com/pages/article/newtmm_81.htm