Back

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Memudahkan Pelanggan Berbisnis Dengan Anda

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda ingin membeli barang atau layanan tertentu, tetapi proses yang perlu Anda lalui untuk membelinya sangat rumit dan Anda harus menunggu untuk waktu yang lama. Bagaimana perasaan Anda ketika Anda mengalami ini? Tentu saja itu bukan sesuatu yang positif. Begitu juga dengan pelanggan Anda. Pastikan perusahaan Anda membutuhkan waktu dan upaya untuk mengurangi terjadinya proses yang terlalu rumit, membuat pelanggan menunggu terlalu lama, atau menyebabkan kecemasan karena tidak mendapatkan kepastian dari Anda. Perlakukan pelanggan Anda karena Anda juga ingin diperlakukan ketika Anda menjadi pelanggan. Jadilah perusahaan yang andal, hargai, dan peduli dengan kesejahteraan pelanggan.

Berikut adalah 6 hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat membuatnya lebih mudah bagi pelanggan untuk Anda:

  1. Hargai waktu pelanggan
  2. Memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan bantuan
  3. Selalu sampaikan informasi kepada pelanggan
  4. Lakukan pemisahan yang baik
  5. Gunakan komunikasi yang mudah dimengerti
  6. Kenali pelanggan

 

Di sini adalah penjelasan yang lebih dalam dari 6 hal ini

  1. Hargai waktu pelanggan

Untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, maka Anda perlu menghargai waktu mereka. Anda dapat melakukan ini dengan mengikuti waktu pelanggan dalam merancang jadwal dalam melakukan bisnis. Tentu saja itu akan memudahkan perusahaan ketika Anda merancang jadwal bisnis berdasarkan waktu yang dimiliki perusahaan, tetapi ketika dilakukan tanpa mempertimbangkan waktu pelanggan hanya akan mengurangi tingkat kepuasan pelanggan. Anda juga perlu memberikan waktu yang pasti sehingga pelanggan tidak khawatir atau khawatir ketika sesuatu tidak terjadi sesuai dengan rencana. Ketika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu pelanggan, integritas Anda akan meningkat. Pelanggan akan mengingat layanan yang Anda berikan dan meningkatkan kepuasan dalam melakukan bisnis dengan Anda.

  1. Memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan bantuan

Dalam hidup, baik kehidupan pribadi atau pekerjaan, tentu saja akan selalu menghadapi hambatan. Ini juga berlaku untuk perjalanan bisnis dan pelanggan Anda. Ketika pelanggan menghadapi hambatan, perusahaan perlu memastikan bahwa pelanggan dapat menghadapi hambatan ini dengan lancar. Ketika pelanggan perlu berurusan dengan berbagai tahap proses hanya untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan, ini dapat membuat pelanggan lelah dan mengarah pada pengalaman bisnis negatif. Tidak hanya itu, bagi karyawan yang merupakan garis depan juga akan mengalami kelelahan karena mereka perlu membantu memandu pelanggan di setiap tahap yang benar-benar dapat dipersingkat. Semakin banyak urusan yang perlu dilakukan pelanggan, semakin mereka tidak puas dengan pengalaman berbisnis dengan Anda.

Sudah waktunya bagi Anda untuk mengurangi beban dalam melakukan bisnis dengan Anda dan meningkatkan pengalaman melakukan bisnis yang nuansa pelanggan. Berikan perhatian kepada pelanggan dan bantuan ketika mereka membutuhkannya. Jangan biarkan pelanggan menunggu atau berurusan dengan berbagai tahapan yang terlalu berbelit-belit hanya untuk mendapatkan bantuan yang harus bisa dengan cepat. Ketersediaan atau keberadaan Anda dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan.

  1. Selalu sampaikan informasi kepada pelanggan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan Anda dan perusahaan Anda. Jika sesuatu yang tak terduga terjadi, pelanggan pasti akan memahami hal ini, yang mereka butuhkan adalah komunikasi dari Anda yang memberi tahu mereka tentang apa yang terjadi. Ketika Anda tidak memelihara komunikasi dengan pelanggan, terutama ketika dihadapkan dengan situasi yang tidak menyenangkan, pelanggan akan merasa cemas dan dilupakan oleh Anda.

Perusahaan yang baik mampu memberikan ketenangan bagi pelanggan mereka. Pelanggan akan dihubungi secara aktif dan memberikan informasi terkini tentang perubahan atau pembaruan dalam bisnis. Situasi seperti tenggat waktu yang terlewat, atau layanan yang tiba-tiba berhenti harus dapat menghadapi dan menyiapkan sistem pemulihan yang tidak hanya memperbaiki proses bisnis tetapi juga memberikan informasi kepada pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi kecemasan dan tekanan yang dirasakan oleh pelanggan. Informasi dan komunikasi yang baik dengan pelanggan akan memberikan manfaat baik untuk pelanggan dan perusahaan.

  1. Lakukan pemisahan yang baik

Sebagai pelanggan, kadang-kadang kebutuhan dalam hidup akan berubah dan begitu juga layanan atau layanan yang mereka butuhkan. Mungkin ada situasi yang membuat pelanggan tidak memerlukan layanan atau berbisnis dengan Anda lagi, dan ketika situasi muncul, mereka akan memutuskan untuk berhenti berbisnis dengan Anda. Bukan beberapa perusahaan yang memiliki peraturan yang menyediakan penalti pelanggan ketika pelanggan membatalkan bisnis dengan mereka, tetapi ketika Anda melakukan ini, maka Anda secara tidak langsung menutup kemungkinan bagi pelanggan untuk kembali dan melakukan bisnis lagi dengan Anda. Tidak hanya itu, ketika pelanggan merasa tidak puas dengan tindakan, mereka dapat mengeluh di media sosial dan ini dapat menutup peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Apa yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan kesempatan untuk keberangkatan pelanggan sebagai pelajaran dan tahu alasan mengapa mereka merasa harus pergi. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan perusahaan Anda dengan lebih baik.

  1. Buat dokumen yang mudah dimengerti

Salah satu hal yang mengurangi kepuasan pelanggan dalam melakukan bisnis dengan Anda terlalu banyak dokumen yang perlu dipahami dan dengan bahasa yang rumit. Cobalah untuk berkomunikasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tuliskan dokumen penting dan informasi apa pun yang perlu diketahui dengan menggunakan sudut pandang pelanggan. Hapus bahasa yang membingungkan dan dapat menyebabkan kesalahpahaman, atau jargon yang tidak umum dan asing bagi masyarakat umum.

Akronim bahasa yang kompleks dan penuh dapat menyebabkan kesalahpahaman dan mengurangi nilai pelanggan dan kepercayaan kepada Anda. Ketika Anda membuat dokumen atau informasi, Anda akan lebih mudah dipahami dan dipercaya oleh pelanggan. Tentu saja pelanggan perlu mengirim dokumen tertentu yang diperlukan selama proses bisnis dengan Anda. Tetapi jika Anda dapat menyederhanakannya baik dalam jumlah atau konten, maka Anda dapat menyederhanakan proses dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Kenali pelanggan

Seiring dengan perubahan waktu yang semakin canggih, pelanggan sekarang memiliki harapan bahwa perusahaan seharusnya menghafal atau mengingatnya terutama jika mereka telah melakukan bisnis bersama sebelumnya. Meski begitu, masih banyak perusahaan yang telah bekerja bersama selama bertahun-tahun masih belum mengenal pelanggan dengan baik. Cobalah untuk mengenal pelanggan Anda dengan baik, ini dapat membantu Anda membangun hubungan dan obligasi yang kuat dengan pelanggan dan membantu perusahaan tumbuh menjadi lebih baik.

Itulah 6 hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat memfasilitasi pelanggan untuk melakukan bisnis dengan Anda. Cobalah untuk menerapkannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan layanan yang mereka dapatkan.