Back

6 Hal Yang Perlu Anda Miliki Untuk Menjadi Lebih Berpengaruh

Anda dapat mempengaruhi orang lain dengan cara memenangkan hati dan pikiran mereka. Hal ini dapat Anda capai jika Anda menghargai aspirasi, pandangan, ketertarikan, dan kebutuhan orang lain. Untuk dapat mencapainya Anda perlu menunjukkan bahwa apa yang Anda sampaikan dapat memenuhi kebutuhan mereka, serta tunjukkan antusiasme terhadap ide dan pandangan yang dimiliki orang lain.

Di luar itu semua, tentunya Anda perlu membangun diri Anda menjadi lebih baik, hal ini dapat berdampak pada bagaimana Anda dapat berpengaruh terhadap orang lain. Berikut adalah 6 hal yang perlu Anda miliki agar Anda dapat menjadi individu yang lebih berpengaruh.

  1. Membangun Keyakinan Diri

Ketika Anda percaya dengan diri Anda sendiri, orang lain dapat merasakan dan melihat hal tersebut. Mereka akan jauh lebih percaya dengan Anda dan mau dipengaruhi ketika Anda mampu menyampaikan gagasan yang Anda miliki dengan percaya diri. Hal ini memberikan kepastian dan keyakinan bagi mereka bahwa Anda mampu menjalankan gagasan yang Anda miliki dengan baik. Anda juga perlu menjadi individu yang tetap tenang dalam menghadapi segala permasalahan, serta memiliki resiliensi yang tinggi sehingga Anda dapat dengan cepat bangkit kembali dari kesalahan atau kegagalan yang Anda hadapi.

Jika Anda merupakan karyawan baru atau bekerja di lingkungan baru, Anda tidak perlu terburu-buru dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda. Cobalah lakukan secara perlahan tapi pasti sehingga Anda dapat mencapai setiap tugas yang sudah Anda tetapkan, dan Anda dapat belajar menjadi lebih baik. Anda juga dapat melakukannya dengan mencari peluang untuk membuat kontribusi, dan tidak malu untuk berbicara pada saat rapat atau presentasi. Jadikan ini sebagai peluang bagi Anda untuk meningkatkan keterampilan yang Anda miliki.

Hal terpenting yang perlu Anda jaga adalah ketenangan. Anda perlu tetap rileks dan tenang sehingga Anda dapat berpikir dengan jernih dan menjawab setiap pertanyaan atau menghadapi rintangan yang menghadang. Jangan takut untuk berbuat salah, lihatlah itu sebagai peluang bagi Anda untuk belajar menjadi lebih baik. Ubahlah pola pikir Anda menjadi lebih optimis dan mengurangi pembicaraan negatif terhadap diri Anda sendiri.

  1. Membangun Sikap yang Berpengaruh

Sebelum Anda dapat menjadi berpengaruh terhadap orang lain, Anda perlu menemukan tujuan jangka panjang yang Anda miliki terlebih dahulu. Anda tidak akan dapat mempengaruhi orang lain jika Anda tidak memiliki tujuan. Tujuan dibutuhkan sehingga Anda dapat menentukan tindakan atau langkah apa saja yang perlu Anda ambil terutama saat bekerja. Anda juga perlu menemukan apakah yang menurut Anda menarik dari pekerjaan Anda sekarang. Hal ini diperlukan sehingga Anda dapat menikmati pekerjaan Anda dan tidak mudah menyerah ketika Anda menghadapi rintangan. Tujuan juga berfungsi sebagai alat bantu untuk membawa Anda kepada kesuksesan di dunia pekerjaan Anda. Ketika Anda tertarik mengenai apa yang Anda lakukan, maka Anda dapat menikmati perjalanan dan bahkan mencapai target yang ingin dicapai. Hal yang perlu Anda lakukan adalah untuk yakin pada kemampuan diri sendiri dalam mencapai lebih banyak hal di masa mendatang. Anda juga perlu terbuka atas peluang baru, jangan takut salah dan berani bertanggung jawab atas segala tindakan yang Anda lakukan. Teruslah memperbaiki diri Anda dan meningkatkan keterampilan. Kesalahan bukan akhir dari segalanya, lihatlah kesalahan dan kegagalan sebagai peluang bagi Anda untuk berkembang menjadi lebih baik lagi

Salah satu sikap yang dapat memberi pengaruh terhadap orang lain adalah proaktif. Anda tidak dapat berdiam diri menunggu peluang muncul dan menghampiri Anda, melainkan Anda harus proaktif dan bergerak maju mencari peluang tersebut. Berani menghadapi tantangan dan bertanggung jawab atas tindakan yang Anda lakukan. Bangun ekspektasi yang tinggi terhadap diri Anda sendiri, dan lakukan segala cara yang baik sertapositif untuk mencapainya.

  1. Kecerdasan Emosional

Orang tentunya akan mau dan rela mengikuti Anda, jika Anda memiliki kendali diri dan kecerdasan emosional yang baik. Bertindaklah secara sadar mengenai emosi yang Anda miliki, perhatikan mood Anda serta kondisi emosional orang lain. Ketika Anda perhatian, maka Anda akan mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk mengajukan gagasan atau menetapkan pendekatan yang sesuai. Anda juga perlu mengenal dan memahami diri Anda lebih dalam, pahami kekuatan serta kekurangan yang Anda miliki, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan diri Anda menjadi lebih baik.

Salah satu cara memperhatikan kondisi orang lain adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh atau sinyal nonverbal yang disampaikan oleh mereka. Hal ini bisa berbentuk gesture atau ekspresi wajah. Terbukalah dengan orang lain sehingga mereka pun akan mau dan lebih mudah untuk terbuka dengan Anda.

  1. Membangun Empati

Salah satu sikap yang bisa meningkatkan kemampuan Anda mempengaruhi orang lain adalah dengan membangun kemampuan berempati. Empati adalah kemampuan untuk membaca respon seseorang dengan membayangkan diri Anda pada posisi orang tersebut. Hal ini dapat dicapai dengan mendengarkan secara aktif dan menanyakan pertanyaan yang relevan kepada orang tersebut. Anda perlu merasakan apa yang lawan bicara Anda pikirkan, pahami apa yang mereka khawatirkan dan apa yang mereka butuhkan. Dengan Anda berempati, Anda maka akan memahami kebutuhan dan kekhawatiran mereka. Kemudian Anda dapat sampaikan semua hal yang Anda dapatkan dalam bentuk poin utama, untuk memastikan apakah Anda tidak salah menangkap maksud yang mereka sampaikan.

  1. Menciptakan Rasa Percaya

Anda perlu membangun rasa percaya yang dimiliki orang lain terhadap diri Anda, hal ini dikarenakan orang akan lebih bersedia mengikuti dan dipengaruhi oleh orang yang dipercaya. Bangunlah reputasi Anda dengan kredibilitas, dengan cara menepati janji, meningkatkan pengetahuan, serta menolong ketika orang sedang mengalami kesulitan. Tepati komitmen yang sudah Anda buat, ketika Anda melanggarnya, maka kredibilitas dan rasa percaya yang orang tersebut miliki akan menurun. Cobalah untuk membuat komitmen atau janji yang memang Anda bisa tepati. Jangan takut untuk menolak sesuatu yang memang tidak bisa Anda kerjakan, daripada Anda malah tidak mencapai apa yang dijanjikan dan menurunkan kredibilitas yang Anda miliki. Jujurlah dan realistis dalam menjanjikan sesuatu, jika memang terpaksa ada keterlambatan, Anda perlu memberitahu pihak yang bersangkutan jauh-jauh hari. Hal ini demi menjaga rasa percaya dan kredibilitas yang Anda miliki.

  1. Berpenampilan Sesuai

Tidak hanya sikap yang Anda miliki, tetapi juga bagaimana Anda menampilkan diri serta bahasa tubuh yang Anda sampaikan dapat mempengaruhi persepsi orang lain terhadap diri Anda. Usahakan di lingkungan profesional Anda perlu berpakaian rapi dan sesuai dengan budaya perusahaan. Tidak usah mencari atau menggunakan pakaian bermerek atau mahal, Anda cukup berpakaian rapi, bersih dan tidak berantakan. Anda juga perlu memperhatikan intonasi berbicara, ekspresi wajah, serta bahasa tubuh ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain.

Itulah 6 hal yang perlu anda miliki untuk bisa menjadi kepribadian yang lebih berpengaruh terhadap orang lain.

 

Citation:

Ali, M., et al. (2002). Successful manager’s handbook. New York: Dorling Kingdersley.