Back

6 Cara Menghadapi Karyawan Introvert dan Extrovert

Jack Welch, mantan pemimpin dan Ketua Eksekutif dari General Electric pada periode 1981-2001 mengatakan bahwa “Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others.” Ungkapan ini bisa dimaknai sebagai tugas penting seorang pemimpin adalah bagaimana ia dapat membuat individu dalam timnya menjadi berkembang. Tapi bagaimana itu terjadi jika Anda bahkan tidak mengenal karakter tiap individunya.

Dalam membuat program pengembangan tim, ada  2 hal yang perlu Anda hindari. Hal yang pertama adalah mengarahkan karyawan untuk bekerja sama persis seperti Anda. Ingatlah mereka bukan Anda dan tidak semua orang akan cocok dengan cara serta kebiasaan bekerja yang Anda lakukan. Hal yang kedua adalah memperlakukan semua orang dengan sama.

Sadarilah bahwa setiap orang itu berbeda, ketika Anda meminta mereka untuk bekerja sama persis seperti Anda, mereka tidak dapat bergerak maju dan sukses. Untuk dapat memperlakukan karyawan dengan berbeda dan tetap berlaku adil, Anda dapat melakukannya dengan mempelajari dan memahami perbedaan antar individu.

Untuk membantu Anda memahami lebih dalam mengenai perbedaan antar individu ini, mari kita bahas teori kepribadian milik Myers-Briggs. Teori ini mengatakan bahwa setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda. Setiap orang memiliki kepribadian inti atau core di dalam diri, baik itu ekstrovert ataupun introvert. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai dua inti kepribadian tersebut:

 

INTROVERT

Introvert adalah individu yang akan mendapatkan energi dari life of the mind atau pikiran mereka. Introvertmerasa lebih nyaman dengan kegiatan sendiri dan kesunyian. Walau tidak banyak bicara, tapi mereka juga memiliki banyak gagasan yang ingin dibagikan. Namun, orang introvert cenderung akan memprosesnya terlebih dahulu sebelum disampaikan.

Untuk itu, ubahlah cara pandang Anda terhadap mereka. Dengan memahami lebih mendalam mengenai introvert, Anda dapat membantu mereka untuk menjadi lebih sukses. Berikut adalah 7 hal yang perlu Anda pahami lebih dalam mengenai introvert:

  1. Pendengar yang baik

Keterampilan ini dapat memberikan introvert keuntungan dalam berbagai bidang pekerjaan dan juga bermanfaat bagi tim Anda. Mereka bisa menjadi pelatih, mentor, dan mediator yang baik di tempat kerja.

  1. Bukan orang yang pertama berbicara

Saat Anda memberikan pertanyaan, bukan berarti orang pertama yang menjawab adalah satu-satunya yang antusias dan yang lain tidak. Introvert biasanya mendengarkan dan merancang gagasan di pikiran mereka. Kemudian mereka akan membaginya nanti pada saat yang mereka rasa tepat.

  1. Merasa lelah apabila rapat terlalu berkepanjangan

Introvert mungkin lebih menginginkan rapat yang langsung to the point dan tidak bertele-tele. Jika Anda menginginkan rapat yang efisien dan efektif, Anda dapat berbicara dengan introvert mengenai bagaimana mereka bisa menjaga agar rapat tetap berjalan dengan baik tanpa membuang-buang waktu dan tetap bisa kreatif.

  1. Introvert akan menghargai ketika Anda memberi tahu terlebih dahulu

Introvert akan lebih menyukai ketika mereka tahu jadwal rapat atau topik percakapan. Berikan mereka waktu untuk refleksi sebelum berbicara. Ini bukan karena mereka takut, tetapi mereka membutuhkan waktu untuk bersiap-siap. Anda juga dapat memberitahu semua orang di awal rapat bahwa Anda akan berkeliling saat rapat dan memastikan bahwa suara semua orang sudah didengar.

  1. Introverts may be less inclined to work a room

Introvert cenderung lebih memilih mengirim email dibandingkan percakapan langsung karena dianggap lebih efisien. Akan tetapi Anda juga perlu memberi tahu ketika mereka terlalu low profile sehingga tidak mendapatkan kredit yang cukup atas kerja kerasnya. Anda dapat membantu mereka memperluas zona nyaman tanpa mengubah esensi diri mereka, Anda hanya perlu memberikan penjelasan dan dukungan kepada mereka.

  1. Mungkin bukan orang pertama yang datang ke ruangan untuk menemui Anda

Introvert mungkin tidak seperti ekstrovert yang dengan agresif mendatangi Anda untuk meminta tugas khusus atau promosi, tetapi bukan berarti mereka tidak ambisius atau memutuskan untuk mengabaikan peluang. Pastikan Anda mengundang orang-orang secara langsung dan diskusikan peluang dengan mereka. Setelah itu, nilailah mereka berdasarkan kualitas kerja tersebut. Beritahu apa saja yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan diri.

  1. Introverts can surprise you

Introvert juga mampu memimpin rapat, memberikan presentasi, dan berbicara panjang mengenai subjek yang penting bagi mereka.

 

 

EKSTROVERT

Ekstrovert biasa mendapatkan energi dari dunia luar dengan cara berhubungan dengan orang lain. Mereka akan merasa berenergi ketika bersama orang lain. Ketika Anda memahami mereka dengan mendalam, Anda tidak akan memandang mereka sebagai egois, ambisius, atau tidak berpikir panjang. Anda pun dapat membantu mereka menyalurkan energi ke hasil yang positif. Berikut adalah 6 hal yang perlu Anda perhatikan dalam bekerja dengan ekstrovert:

  1. Merupakan orang pertama yang berbicara di rapat

Ekstrovert dapat membuat ruangan penuh semangat, tapi juga bisa mendominasi tanpa disadari. Tugas Anda adalah mendorong partisipasi dari semua orang. Anda juga bisa memberikan ekstrovert masukan yang konstruktif dan jujur mengenai cara bagaimana mereka dapat meningkatkan cara kontribusi mereka di dalam rapat untuk lebih mengelola diri.

  1. Nyaman berbicara di depan kelompok

Karena ekstrovert yang nyaman berbicara di depan umum, Anda mungkin cenderung secara otomatis menetapkan mereka untuk mendelegasikan tugas tanpa Anda sadari. Untuk itu Anda perlu memastikan bahwa delegasi tidak terjadi seperti itu dan pastikan bahwa orang lain yang mungkin menginginkan peluang yang sama dapat mencobanya.

  1. Extroverts talk well enough, but don’t always listen well

Ekstrovert seringkali harus melatih diri sendiri untuk mendengarkan dengan sabar. Anda perlu membedakan antara interupsi dan antusiasme dari seorang ekstrovert.

  1. Extroverts are good at working a room

Mereka tidak dapat diam terlalu lama di tempat kerja dan akan memulai percakapan untuk tetap bersemangat. Tugas Anda adalah menetapkan cara bagaimana membuatnya menjadi efektif. Ekstrovert akan melihat rapat kelompok sebagai cara efektif untuk menyelesaikan sesuatu.

  1. Extrovert believe that talking things out is important

Jika karyawan ekstrovert datang dengan gagasan atau masalah, mereka ingin Anda mendengarkan mereka. Ingatlah bahwa mereka berpikir sambil berbicara, jadi memikirkan masalah bukan berarti mempertimbangkan sesuatu tapi airing it. Bukan berarti Anda membiarkan ia mengendalikan waktu Anda, tapi belajarlah untuk memandu percakapan tersebut, beritahu karyawan berapa lama Anda bisa berbicara, dan dengarkan apa yang disampaikan. Kemudian beritahu mereka apa yang Anda pahami atau dengar dari mereka.

  1. Extroverts can surprise you

Ekstrovert dapat mengembangkan keterampilan mendengarkan jika mereka ingin.

 

Mengetahui karakter inti dari setiap individu dalam tim Anda akan membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk mengembangkan mereka menuju tangga kesuksesan. Sekarang yang Anda perlu lakukan adalah melakukan observasi dan mencari tahu jenis kepribadian inti yang dimiliki oleh tim Anda.