Back

5 Tips Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum dapat menjadi hal yang menakutkan bagi mereka yang tidak terbiasa. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut tersebut.

Ternyata mahir berbicara di depan umum, dapat Anda miliki dengan latihan yang konsisten. Dan dapat Anda mulai dengan melakukan tips-tips sederhana yang mudah untuk dilakukan tiap harinya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai lima tips yang dapat Anda terapkan untuk mahir berbicara di depan umum.

5 Tips Berbicara di Depan Umum

Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Adanya kemampuan ini akan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri, dapat menyampaikan ide dengan lancar serta menumbuhkan kemampuan kepemimpinan. Berikut ini lima tips yang dapat membantu Anda berbicara di depan umum.

1.    Melakukan Kontak Mata

Untuk terlihat percaya diri saat menyampaikan presentasi atau berbicara di depan umum, Anda perlu melakukan kontak mata dengan audiens. Dengan melakukan kontak mata dan tidak terpaku dengan catatan akan membuat Anda terlihat tidak gugup.

Selain itu, terlalu fokus dengan catatan  juga akan membuat hal atau pesan yang Anda bicarakan tidak sampai kepada audiens. Bahkan, melakukan kontak mata memungkinkan audiens lebih memahami dan mengingat tentang apa yang telah Anda katakan.

Jika Anda terlalu gugup untuk memandang mata audiens, Anda dapat memandang bagian batang hidung dan dahi dari audiens. Saat memandang bagian itu, Anda akan terlihat seperti memandang mata mereka. Lalu, pastikan pandangan Anda tidak sering berpindah-pindah, karena hal itu akan menggambarkan jika Anda sedang gugup.

2.    Hindari Bergumam

Biasanya, orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum akan sering bergumam, seperti mengatakan “umm”, “hmm”, “eee”, dan lain-lain. Menggumamkan kata-kata seperti itu di antara presentasi Anda akan membuat orang lain merasa bahwa Anda kurang siap dan paham dengan apa yang disampaikan.

Jadi, Anda perlu memahami hal atau materi yang ingin Anda sampaikan dengan sebaik-baiknya agar Anda tidak sering mengeluarkan kata gumaman.

3.    Gunakan Bahasa Tubuh

Dengan berdiam diri saat berbicara di depan umum akan membuat Anda terlihat kaku dan gugup. Jadi, penting untuk Anda menggunakan bahasa tubuh saat sedang berbicara di depan banyak orang.

Anda bisa melakukan gerakan, seperti mengangkat kepala, menjaga bahu tetap tegak serta bergerak dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya. Dengan melakukan bahasa tubuh ini, Anda akan terlihat percaya diri, rileks, dan nyaman saat menyampaikan pembicaraan.

4.    Bicara dengan Perlahan, Singkat dan Jelas

Biasanya, seseorang yang merasa gugup akan berbicara dengan cepat dan melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan. Di mana, hal ini akan membuat audiens sulit untuk memahami apa yang sedang dibahas oleh pembicara.

Oleh karena itu, Anda perlu berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Sesekali menarik nafas saat merasa gugup dan melanjutkan kembali pembicaraan Anda.

Selain berbicara dengan perlahan, Anda perlu menyampaikannya dengan singkat jelas. Sehingga, audiens tidak merasa jenuh saat mendengarkan Anda dan masih mendapatkan inti dan manfaat dari hal yang Anda sampaikan.

5.    Rajin Berlatih

Sebelum melakukan presentasi dan menjadi pembicara umum di depan banyak orang, Anda perlu melatih diri untuk presentasi di depan kaca atau teman dekat Anda. Dengan melakukan latihan yang sering, Anda akan terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang.

Semakin sering Anda berlatih untuk berbicara di depan umum, maka akan semakin cepat juga Anda mahir melakukannya.

Itulah lima tips berbicara di depan umum dengan lancar yang bisa Anda terapkan. Dengan rajin berlatih secara konsisten dan mendengarkan saran-saran dari orang lain yang sudah mahir, Anda pasti dapat menjadi terbiasa untuk tampil di depan umum.

 

Referensi:

https://ethos3.com/2018/02/5-public-speaking-tips-beginner/

https://www.linkedin.com/pulse/18-powerful-public-speaking-tips-absolute-beginners-haldorsen