Back

5 Teknik Pomodoro untuk Bekerja Lebih Baik

Jika Anda sering merasa waktu terlalu pendek sehingga banyak pekerjaan yang belum selesai, berarti Anda mengalami banyak distraksi saat bekerja. Untuk mengurangi terjadinya distraksi, Anda bisa menggunakan teknik pomodoro yang akan kami bahas dalam artikel berikut ini.

 

Pengertian Teknik Pomodoro

Pomodoro merupakan sebuah teknik manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an di Italia. Ia menggunakan teknik manajemen waktu ini untuk fokus mengerjakan tugas kuliahnya.

Pada dasarnya, teknik pomodoro ini membagi waktu ke dalam beberapa interval menggunakan bantuan timer. Biasanya, interval berlangsung setiap 25 menit sekali dan dijeda oleh istirahat singkat. Namun seiring berkembangnya zaman, orang-orang mulai membuat intervalnya sendiri dengan tidak terpaku oleh waktu 25 menit.

Untuk menerapkan teknik pomodoro ini, Anda perlu menyiapkan sebuah timer atau smartphone yang telah terinstal dengan aplikasi pomodoro. Kemudian, Anda dapat mengikuti lima langkah untuk menerapkan teknik pomodoro berikut ini. 

 

5 Langkah Menerapkan Teknik Pomodoro untuk Bekerja Lebih Baik

Ide dari teknik pomodoro ini adalah menanamkan rasa urgensi dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Sehingga, Anda tidak merasa memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menunda untuk mengerjakannya.

Daripada membuang-buang waktu, lebih baik Anda menerapkan lima langkah teknik pomodoro berikut untuk membantu Anda berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan.

1.    Rencanakan Pekerjaan Anda untuk Sehari Penuh

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menerapkan teknik pomodoro ini adalah membuat daftar tugas atau pekerjaan Anda. Anda dapat mencatat jumlah pomodoro yang harus Anda lakukan dalam setiap tugas.

Pastikan pembagian satu tugas tidak lebih dari 5 pomodoro. Anda bisa membagi atau memecah kembali tugas yang membutuhkan lebih dari 5 pomodoro menjadi tugas yang lebih kecil serta lebih mudah untuk Anda kelola.

2.    Mengatur Waktu Menggunakan Timer

Setelah Anda membuat rencana pekerjaan pada hari tersebut, Anda bisa langsung mengatur waktupomodoro. Untuk menerapkan waktu pomodoro, Anda bisa menggunakan timer dan mengatur waktunya sekitar 25 menit dengan interval 5 menit sebanyak 4 kali.

Jika Anda tidak memiliki timer, Anda bisa mengunduh aplikasi pomodoro yang telah tersedia pada App Store dan Play Store.

3.    Melakukan Pekerjaan

Lakukan pekerjaan Anda sesuai dengan waktu yang telah Anda atur menggunakan timer sebelumnya. Setelah melewati 25 menit, Anda bisa istirahat terlebih dahulu selama 5 menit untuk menyegarkan pikiran.

4.    Menjauh dari Ponsel dan Laptop Saat Istirahat

Anda harus mengistirahatkan mata dan otak Anda dari layar laptop dan ponsel. Karena, istirahat Anda akan jauh lebih menyegarkan mental jika Anda melepaskan diri dari hipnosis yang bersinar dari komputer atau telepon Anda.

Anda bisa berdiri, meregangkan tubuh, pergi ke luar, melakukan meditasi mini, mengambil camilan dan hal lainnya yang membuat Anda bergerak dan menjauh dari laptop dan ponsel.

5.    Menerapkan Teknik Pomodoro Secara Rutin

Jadikan teknik pomodoro sebagai kegiatan rutin Anda. Anda bisa memulainya dengan membuat jadwal pekerjaan setiap harinya, lalu menerapkan pomodoro dengan mengatur waktu untuk bekerja dan istirahat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu pada akhir sesi untuk merenungkan apa yang berjalan dengan baik dan bagaimana Anda dapat meningkatkan fokus Anda di masa depan.

 

4 Manfaat Menerapkan Teknik Pomodoro

Setelah menerapkan teknik pomodoro dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan mendapatkan banyak manfaat sebagai berikut:

1.    Menghemat Waktu

Dengan menggunakan teknik pomodoro untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari berarti Anda telah menghemat waktu yang berharga. Karena, waktu adalah aset yang akan hilang setelah digunakan, maka Anda perlu menggunakannya sebaik mungkin.

Teknik pomodoro dapat memberikan hasil yang maksimal terhadap rencana yang telah Anda buat, karena Anda telah mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

2.    Mencegah Menunda Pekerjaan (Procrastination)

Menunda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dapat menyebabkan masalah yang serius seperti, melewatkan deadline tugas, merusak kredibilitas hingga menambah stress. Oleh karena itu, kebiasaan menunda pekerjaan harus dihindari. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan teknik pomodoro.

Teknik pomodoro membantu Anda untuk melakukan pekerjaan dengan jelas dan tepat. Sehingga Anda bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, tanpa menundanya.

3.    Mengurangi Bekerja secara Multitasking

Sebenarnya bekerja secara multitasking dapat memecah fokus yang akhirnya membuat hasil pekerjaan Anda tidak maksimal. Maka daripada itu, lebih baik jika Anda menyelesaikan pekerjaan satu persatu dengan menggunakan teknik pomodoro.

Teknik pomodoro mendorong Anda untuk fokus mengerjakan satu pekerjaan sebelum melanjutkan ke pekerjaan lainnya. Sehingga, pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai dan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal.

4.    Mengurangi Kelelahan Fisik dan Mental

Teknik pomodoro membuat Anda beristirahat di antara pekerjaan, hal ini membantu Anda untuk mengurangi kelelahan secara fisik dan mental.

Banyak orang yang menganggap beristirahat bukanlah hal yang penting. Padahal, dengan beristirahat otak dan badan Anda bisa lebih maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan kembali.

Setelah mengetahui cara dan manfaat menerapkan teknik pomodoro ini, akan terasa sayang jika Anda tidak mencoba untuk melakukannya. Anda harus mulai mencobanya dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari untuk lebih fokus dan produktif dalam bekerja.

 

Referensi:

https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique 

https://www.calendar.com/blog/the-benefits-of-the-pomodoro-technique/