Back

5 Manfaat Supply Chain Management untuk Bisnis Kecil

Supply chain management merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis kecil Anda. Ada banyak manfaat dari menerapkan proses ini untuk mengembangkan bisnis kecil yang Anda miliki. Pada artikel ini, kami akan membahas lima manfaat yang Anda dapatkan dari supply chain management.

Apa itu Supply Chain Management?

Supply Chain Management merupakan sebuah aliran barang atau jasa meliputi semua proses yang mengubah bahan mentah menjadi produk akhir hingga bisa dipakai atau dikonsumsi oleh konsumen. Bisa dibilang strategi ini merupakan seluruh pekerjaan logistik dan manajemen yang bertujuan untuk menyediakan ekosistem pasokan produk yang sangat diperlukan oleh suatu perusahaan agar bisa berfungsi dengan baik dan benar.

Strategi supply chain management mempengaruhi beberapa proses lainnya di suatu perusahaan. Mulai dari proses produksi produk hingga meningkatkan beberapa aspek operasional.  Oleh karena itu, menerapkan strategi ini akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis kecil yang Anda miliki.

4 Cara Menerapkan Strategi Supply Chain Management

Ada empat cara yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi chain management untuk bisnis kecil Anda. Berikut ini empat cara penerapan strategi supply chain management.

1.   Menentukan Tujuan

Supply chain management memiliki tujuan untuk mengintegrasikan visi dengan berbagai informasi, rantai produksi dan kerjasama yang terjadi pada perusahaan guna meningkatkan operasional dan kualitas produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat menentukan tujuan yang tepat dari supply chain management untuk dapat mengembangkan perusahaan dengan benar.

Anda juga perlu memilih mitra bisnis yang tepat, serta mengawasi jalannya kinerja setiap proses supply chain management dengan cermat. Sehingga, proses ini berjalan dengan benar, sesuai dengan tujuan yang telah Anda tentukan.

2.   Mengidentifikasi Mitra atau Partner

Untuk menyukseskan strategi supply chain management ini, Anda perlu mengidentifikasi mitra yang akan bekerja sama dengan perusahaan Anda. Anda perlu mengetahui kinerja, kompetensi dan kemampuan mitra sesuai dengan apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan.

3.   Melakukan Integrasi Tim

Setelah menentukan tujuan, Anda perlu melakukan integrasi semua tim perusahaan yang terlibat dalam strategi supply chain management. Adanya integrasi dari berbagai sektor ini diperlukan untuk memudahkan pertukaran informasi antar tim.

4.   Mengoptimalkan Informasi

Optimalisasi informasi di sini memiliki arti bahwa semua orang yang terlibat dalam supply chain management ini dapat berbagi ide dan kesan yang mereka rasakan saat menjalankan strategi ini. Sehingga, perusahaan bisa meningkatkan produk dan layanan pada kesempatan selanjutnya.

 

5 Manfaat Supply Chain Management

Dengan menerapkan strategi ini pada bisnis Anda banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini lima manfaat dari menerapkan strategi supply chain management pada bisnis Anda.

1.   Mengurangi Biaya Produksi

Supply chain management mengidentifikasi proses apa saja yang dapat meningkatkan biaya tanpa memberikan kontribusi terhadap nilai produk. Sehingga, proses-proses tersebut bisa Anda kurangi atau dihapus seluruhnya agar biaya produksi bisa lebih rendah.

2.   Meningkatkan Pendapatan

Tujuan dari keberadaan bisnis Anda adalah untuk bisa menghasilkan laba yang besar hingga menguntungkan bagi Anda. Salah satu cara paling efisien untuk bisa meningkatkan laba adalah dengan menekan biaya operasional serendah mungkin.

Dengan menerapkan supply chain management, Anda bisa menekan biaya operasional dengan menghapus proses-proses yang tidak menguntungkan. Tentunya, cara ini akan meningkatkan pendapatan perusahaan, karena pengurangan yang terjadi pada biaya operasional merupakan uang perusahaan juga.

3.   Meningkatkan Efisiensi Kerja

Pada bisnis kecil, sumber daya adalah komponen penting yang mempengaruhi efisiensi produksi yang bisa menyebabkan pemborosan besar, baik itu dari segi bahan baku, tenaga kerja hingga waktu.

Namun, dengan adanya supply chain management, Anda dapat mengelola sumber daya yang memiliki efisiensi tinggi dan tetap bernilai besar juga. Peningkatan efisiensi ini membuat proses bisnis berjalan lancar dengan hasil yang sesuai kebutuhan perusahaan. 

4.   Mengintegrasikan Operasional

Supply chain management juga berfungsi untuk mengintegrasikan operasional. Di mana, adanya integrasi proses bisnis akan terjadi dengan lebih cepat. Anda bisa menggunakan teknologi seperti barcode untuk pertukaran informasi antara divisi atau orang-orang yang terlibat dengan proses bisnis tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ERP untuk meningkatkan komunikasi yang lebih baik dan transparan antara anggota kelompok. ERP atau Enterprise Resource Planning adalah model sistem informasi yang bisa mengotomatisasikan dan mengintegrasikan proses bisnis.

5.   Hasil Produksi Meningkat

Perusahaan yang menerapkan supply chain management memiliki hubungan erat dengan supplier dan pelanggan. Karena mereka bisa memenuhi pesanan dengan tepat waktu. Tentunya, hal ini akan menarik lebih banyak pelanggan, karena layanan dan kualitas produk yang baik.

Selain itu, proses produksi yang berkurang serta efisiensi operasional yang dilakukan membuat hasil produksi perusahaan Anda juga akan meningkat. Sehingga, pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan juga akan meningkat.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar untuk bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk menerapkan strategi supply chain management ini. Karena, Anda akan mendapatkan banyak manfaat saat menggunakan supply chain management.

 

Cititation:

https://blog.portalvmi.com.br/en/see-6-advantages-of-supply-chain-management-for-small-businesses/

https://smallbusiness.chron.com/advantages-supply-chain-management-small-companies-20595.html

https://blog.portalvmi.com.br/en/see-6-advantages-of-supply-chain-management-for-small-businesses/