Back

5 Cara Membantu Pelanggan Mencapai Tujuan Untuk Meningkatkan kepuasan Dalam Berbisnis Anda

Ketika Anda dapat membantu pelanggan mencapai tujuan untuk meningkatkan kepuasan orang lain terlebih pelanggan Anda, maka Anda akan tingkatkan kesempatan bagi bisnis Anda untuk sukses. Untuk dapat meraih tujuan dan membawa keberhasilan bagi bisnis Anda, maka Anda wajib membantu orang lain dalam meraih tujuan mereka, terlebih mereka yang punya peran dalam tingkatkan kesempatan keberhasilan Anda.  Hal ini dapat Anda jalankan bersama dengan mempertimbangkan pelanggan kala Anda hendak membuat keputusan. 

Perusahaan yang baik dapat merancang dan buat persiapan tindakan yang dapat mereka ambil dengan memikirkan yang terbaik demi pelanggan. Hal ini berarti bahwa Anda mesti siap untuk merancang lagi peraturan dan sistem pengambilan keputusan yang telah tersedia di dalam perusahaan jika belum cocok dengan keperluan pelanggan. Bangunlah pengalaman yang sanggup membuat pelanggan merasa nyaman dan tenang pas berbisnis dengan Anda, serta sanggup mendukung mereka meraih target yang ingin dicapai. Cari tahu apa dasar yang mendorong perusahaan Anda dalam bertindak, dan apakah perusahaan Anda memikirkan pelanggan dalam merancang produk serta pengalaman pelanggan berbisnis dengan Anda. 

Untuk dapat merancang proses, produk, dan jasa yang dapat menambah kehidupan pelanggan, butuh terjadinya perubahan dari konsep awal. Biasanya proses, produk, dan jasa dirancang berdasarkan prioritas dan juga fokus perusahaan. Maka Anda harus mengubahnya jadi dirancang berdasarkan perihal eksternal seperti perasaan, prioritas, dan keperluan pelanggan. Ketika Anda dapat melaksanakan penyesuaian tersebut, maka Anda dapat menambah kepuasan pelanggan dalam berbisnis dengan Anda.

Berikut adalah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu pelanggan mencapai tujuan mereka demi meningkatkan kepuasan dalam berbisnis dengan Anda.

  1. Memperjelas tujuan perusahaan
  2. Memberi sapaan yang ramah
  3. Melakukan emotion-driven innovation
  4. Membantu pelanggan ketika mereka membutuhkan Anda
  5. Berani merancang ulang proses dan layanan demi meningkatkan kepuasan pelanggan

Berikut adalah penjelasan lebih mendalam mengenai 5 cara tersebut

  1. Memperjelas tujuan perusahaan

    Sebuah tujuan yang jelas dapat menjadi perekat dan mempersatukan semua orang dalam  perusahaan ketika menjalankan tugasnya masing-masing. Setiap anggota dapat menjadikan  tujuan tersebut acuan untuk bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan memberikan pengalaman yang bermakna. Cobalah untuk menghubungkan pekerjaan atau tugas setiap anggota dengan bagaimana perusahaan ingin meningkatkan kehidupan pelanggan. Dengan tujuan yang jelas, maka setiap karyawan akan memahami apa yang perlu dilakukan untuk bisa mencapainya.

  2. Memberi sapaan yang ramah

    Sebuah sapaan ramah merupakan hal sederhana yang dapat memberikan beragam kesan pada pelanggan. Bagaimana Anda menyapa pelanggan dapat memberikan mereka petunjuk seperti apa perlakuan yang akan mereka terima nantinya. Maka dari itu, Anda perlu memastikan bahwa setiap pelanggan merasa diterima dan perlu disapa dengan baik, tidak peduli apapun situasinya seperti menerima pelanggan secara langsung, atau melalui telepon. Semua orang ingin diakui dan dihargai, maka prioritaskan hal tersebut dan cobalah memahami kebutuhan pelanggan untuk diterima dengan baik. Sapaan ramah adalah salah satu langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka berarti. Buat pelanggan merasa nyaman dan cobalah untuk menyapa pelanggan dengan nama mereka. Dengan mengenal pelanggan lebih jauh dan menjadi lebih personal dengan memanggil nama, maka Anda dapat memastikan bahwa hubungan yang terbangun dengan pelanggan lebih terasa nyata.

  3. Melakukan emotion-driven innovation

    Apa yang dapat membedakan perusahaan yang baik dengan perusahaan kebanyakan adalah fokus mereka dalam memahami apa yang pelanggan rasakan dalam segala situasi. Perusahaan berusaha untuk memahami perasaan pelanggan sepanjang berbisnis dengan mereka, dan apabila pelanggan merasakan hal yang negatif, maka perusahaan akan merancang ulang agar dapat memberikan hasil yang lebih positif. Ketika Anda memahami apa yang dirasakan pelanggan selama berbisnis dengan Anda, maka Anda dapat melakukan emotion-driven innovation, yaitu proses inovasi yang didorong berdasarkan emosi. Proses ini dilakukan dengan cara meluangkan waktu untuk memahami pelanggan lebih baik dan membangun hubungan lebih dari sekedar hubungan transaksi dengan mengembangkan produk dan jasa yang dapat meningkatkan kebahagiaan serta kepuasan pelanggan.

  4. Membantu pelanggan ketika mereka membutuhkan Anda 

    Berikan bantuan kepada pelanggan pada saat mereka menghadapi situasi yang sulit. Dengan menginvestasikan waktu Anda untuk ada bagi pelanggan saat dibutuhkan, maka mereka akan mengetahui bahwa Anda dapat diandalkan dan dipercaya. Hal ini dapat menciptakan hubungan dengan pelanggan secara baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  5. Berani merancang ulang proses dan layanan demi meningkatkan kepuasan pelanggan 

    Dalam menetapkan tindakan, proses, dan perilaku dalam berbisnis, pendekatan terbaik yang dapat diambil perusahaan adalah pendekatan yang fokus pada manusia atau pelanggan. Produk dan jasa perlu dirancang berdasarkan pemahaman mendalam yang Anda dapatkan mengenai apa yang pelanggan ingin capai. Penuhi kebutuhan mereka untuk dapat menciptakan hubungan yang personal dan mendalam. Ketika Anda berani mempertimbangkan ulang mengenai apa yang seharusnya dilakukan demi membantu tercapainya tujuan pelanggan, maka Anda dapat menghasilkan produk dan jasa yang terbaik dan mampu memberikan solusi efektif bagi kebutuhan pelanggan.

    Tentu untuk dapat memberikan yang paling tepat atau sesuai dengan kebutuhan pelanggan tidaklah mudah. Tetapi ketika Anda berhasil memberikan pilihan atau tawaran yang paling dekat dengan yang pelanggan butuhkan, maka mereka akan sangat bersyukur atas apa yang Anda lakukan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berbisnis dengan Anda.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu pelanggan mencapai tujuan mereka demi meningkatkan kepuasan dalam berbisnis dengan Anda.