Back

4 Strategi yang Dapat Dilakukan Untuk Memperluas Tanggung Jawab

Untuk bisa mencapai potensi tertinggi Anda, maka Anda perlu melakukan 5 tahapan yang disebut sebagai SEEDS of big potential, yaitu Surround, Expand, Enhance, Defend, dan Sustain. Pada kali ini akan dibahas secara mendalam mengenai tahapan kedua, yaitu EXPAND.

Begitu banyak tahapan hierarki dalam organisasi dan perusahaan, kebanyakan orang merasa bahwa untuk dapat berinovasi, memilih tindakan, atau membuat keputusan itu hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki posisi sebagai pemimpin. Bahkan, pola pikir ini dapat membatasi kemampuan individu untuk dapat memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Jika Anda ingin diri sendiri dan tim dapat mencapai kesuksesan, maka hal penting yang perlu Anda ketahui adalah mengizinkan siapa pun untuk menjadi pemimpin posisi apa pun dan posisi mereka. Buat sistem di mana setiap orang dapat memimpin dari posisi masing-masing, apa pun bidang pekerjaan mereka.

Selain dapat meningkatkan kinerja dan keterlibatan masing-masing individu dalam bekerja, Anda juga dapat menghindari kelelahan. Ketika Anda sebagai pemimpin yang mencoba bertanggung jawab penuh atas semua tim Anda selesai, maka Anda akan dengan cepat mengalami kelelahan. Waktu dan energi yang Anda miliki memiliki batas, sementara tuntutan pekerjaan tidak terbatas, Anda tidak akan dapat memenuhi semua tuntutan ini kecuali jika Anda bersedia memperluas atau memperluas tanggung jawab yang Anda miliki dan tugas kepemimpinan kepada semua orang yang memang bertanggung jawab atas misi ini.

Dalam kepemimpinan, Anda juga perlu mampu memberikan inspirasi dan mengizinkan orang lain untuk bisa memimpin dari posisi manapun. Hal ini dilakukan dengan memperluas atau expand definisi yang Anda miliki terhadap kepemimpinan dan tanggung jawab. Berikut adalah 4 strategi yang dapat Anda lakukan untuk bisa memperluas tanggung jawab kepada setiap anggota tim Anda, yaitu:

  1. Mengenali kemampuan untuk memimpin
  2. Mengembangkan elevated pitch, menumbuhkan rasa ingin memimpin
  3. Menjadikan progress sebagai pendorong kepemimpinan
  4. Mencari makna dalam pekerjaan

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai setiap strategi tersebut:

  1. Mengenali kemampuan untuk memimpin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyadari bahwa Anda dapat menciptakan perubahan dimanapun Anda berada. Baik itu sebagai manajer ataupun anggota dari suatu tim. Ketika Anda yakin terhadap kekuatan yang Anda miliki dalam memberikan dampak kepada lingkungan disekitar tidak peduli apapun jabatan Anda, maka hal tersebut dapat menjadi langkah pertama dalam meningkatkan potensi yang Anda miliki.

  1. Mengembangkan elevated peach, menumbuhkan rasa ingin memimpin

Untuk bisa memberikan inspirasi kepada orang lain, Anda tidak memerlukan jabatan khusus. Hal penting yang perlu dilakukan adalah untuk mengembangkan elevated pitch, yaitu dengan cepat Anda mampu meyakinkan orang lain untuk bisa menjadi dorongan positif dalam perubahan. Elevated pitch ini dapat mendorong seseorang untuk memimpin dari posisi mana saja. Tentunya untuk dapat meyakinkan seseorang bahwa perubahan itu penting akan sulit dilakukan, karena itulah Anda perlu meluangkan waktu untuk merancang dan merencanakan elevated pitch tersebut.

Anda bisa mulai melakukannya dengan memikirkan mengenai apa yang merupakan hal penting dan apa yang dipedulikan oleh individu yang akan menerima elevated pitch dari Anda. Ketika Anda dapat membantu mereka mengetahui kenapa perubahan itu penting, maka Anda dapat mengaktivasikan rasa kepemilikan dan mengubah ketidaktertarikan menjadi potensi. Anda dapat memberikan contoh penelitian atau kasus yang berhubungan dengan situasi mereka sehingga dapat dilihat korelasi antara situasi dan perubahan yang diinginkan dengan manfaat yang bisa didapatkan. Kepemimpinan yang nyata dan efektif adalah ketika Anda peduli untuk mencari solusi dari masalah, bukan malah menyalahkan orang lain ketika menghadapi masalah. Gunakanlah elevated pitch untuk mengajak orang lain untuk dapat menjadi agen perubahan.

  1. Menjadikan progress sebagai pendorong kepemimpinan

Untuk dapat mempertahankan perubahan, maka Anda perlu memberikan penghargaan dan dorongan atas usaha dari setiap individu yang menciptakan terjadinya perubahan tersebut. Ketika seseorang mengetahui seberapa besar progress yang sudah dilakukan, maka hal tersebut dapat memotivasi pemimpin untuk lebih berinvestasi terhadap tim mereka. Hal ini dapat membuat anggota tim menjadi lebih bertanggung jawab dan memperlancar komunikasi yang berjalan sehingga bisa mendapatkan sumber daya ataupun mentoring yang diperlukan. Tidak hanya berhenti di situ, divisi lain yang terinspirasi dari hasil yang dicapai oleh tim Anda pun bisa saja mencoba untuk menjadi lebih baik lagi dan memperbesar keuntungan yang didapatkan.

  1. Mencari makna dalam pekerjaan

Mungkin Anda merasa bahwa pekerjaan yang saat ini Anda lakukan tidak memiliki peluang untuk bisa menunjukkan kepemimpinan maupun potensi besar yang Anda miliki. Tetapi sebenarnya pola pikir tersebut tidaklah tepat, Anda dapat menemukan jalan untuk melakukan kepemimpinan tidak peduli apapun pekerjaan Anda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menemukan makna dari pekerjaan tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian Amy Wrzesniewsky, seorang profesor perilaku organisasi dari Yale University school of management, ditemukan bahwa orang cenderung memandang pekerjaan mereka dalam 3 cara, yaitu sebuah job atau pekerjaan, karir, atau panggilan.

Job atau pekerjaan hanyalah sesuatu yang Anda lakukan demi mendapatkan gaji. Karir adalah pekerjaan yang dapat memberikan Anda prestige atau posisi dalam masyarakat. Sedangkan panggilan adalah pekerjaan yang Anda anggap penting bagi identitas dan makna hidup Anda. Panggilan dapat menunjukkan siapakah diri Anda dan memberikan Anda rasa terpenuhi. Pekerjaan yang merupakan panggilan ini lah yang dapat membawa Anda menuju potensi besar atau big potential yang Anda miliki.

Big potential berawal dari diri Anda, untuk dapat mengetahui apakah pekerjaan Anda merupakan panggilan, cobalah tanyakan pada diri sendiri 4 pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda membantu untuk meningkatkan kehidupan orang lain dengan pekerjaan Anda bahkan dalam skala kecil?
  • Apakah Anda mampu terhubung dengan orang lain dalam tingkatan lebih dalam?
  • Apakah Anda memiliki peluang untuk menyenangkan hari seseorang karena interaksi Anda?
  • Apakah Anda membantu meningkatkan dunia bahkan dalam skala sekecil apapun?

Kebanyakan orang tidak mampu melihat pekerjaan mereka yang sekarang sebagai panggilan karena selalu terjebak dengan bayangan mengenai pekerjaan impian mereka di masa mendatang dan lupa untuk bekerja sebaik mungkin dengan pekerjaannya yang sekarang. Tentunya tidak ada salahnya bagi Anda untuk memiliki tujuan dan ambisi, tetapi jika Anda hanya fokus pada angan-angan tersebut, Anda akan mengabaikan apa yang Anda lakukan sekarang.

Bantulah orang lain untuk dapat melihat makna dalam hidup dan pekerjaan mereka. Ketika Anda berani untuk memperluas kekuatan Anda kepada orang lain, maka Anda akan menemukan bahwa beban Anda pun terangkat. Itulah 4 strategi yang dapat Anda lakukan untuk bisa memperluas tanggung jawab kepada setiap anggota tim Anda.