Back

4 prinsip desain untuk Presentasi yang Efektif

Slide presentasi merupakan senjata yang penting dalam sebuah presentasi.  Dalam sebuah slide tertera poin penting yang  akan Anda sampaikan kepada audience.  Slide menjadi penting sebagai penyampai pesan untuk mempresentasikan sebuah ide, strategi bisnis, ataupun sosialisasi program tertentu.

Tapi, apakah Anda sudah yakin desain slide presentasi Anda sudah tepat? Karena dalam melakukan presentasi jika desainnya tidak dipikirkan dengan matang, pesan yang Anda sampaikan akan hilang bahkan tidak sampai ke pendengar.

 

Kenapa Anda harus memiliki visual presentasi yang baik?

Banyak orang yang berfikir membuat visual presentasi hanyalah masalah kreatifitas saja. Padahal, kenyataannya lebih kompleks dari itu. Desain visual seharusnya tidak hanya sebatas tampilan tetapi juga harus mempertimbangkan gaya penyampaian informasi.

Ingatlah bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong informasi masuk sebagai memori jangka panjang dalam diri audience adalah untuk memasangkan teks dengan gambar. Penelitian yang dilakukan oleh Dale E  dalam bukunya berjudul Cone of experience, in Educational Media: Theory into Practice menyatakan bahwa  manusia biasanya  mempertahankan sekitar 10-20% dari informasi tertulis atau lisan, tetapi akan naik sekitar 65%  ketika informasi disajikan secara visual.

 

Berikut ini 4 alasan kenapa Anda memerlukan visual presentasi yang baik.

Visual menempel dalam memori jangka panjang.

Anda pasti ingin jika pesan dalam presentasi Anda dapat dingat oleh audience dalam jangka waktu yang lama, bukan? Maka pergunakanlah desain yang menarik karena dapat menjadi indeks informasi yang dapat dibuka kembali oleh audience kapanpun mereka butuhkan. Desain presentasi yang hebat dapat berfungsi sebagai kartu indeks visual untuk semua informasi yang Anda coba sampaikan, jangan meremehkan kekuatan visual.

Visual diproses lebih cepat.

Kemampuan otak sungguh mengagumkan, bayangkan otak bisa melihat visual yang berlangsung hanya selama 13 milidetik  dan ternyata 90% informasi yang dikirimkan ke otak Anda adalah visual. Hal ini membuktikan bahwa apa yang Anda lihat cenderung lebih diingat oleh otak Anda ketimbang apa yang hanya Anda dengar saja. Untuk itu, Anda perlu memiliki kemampuan yang baik untuk mengkombinasikan penyampaian informasi antara lisan dan visual.

Visual membangkitkan emosi.

Presentasi yang menarik adalah jika Anda mampu menyentuh sisi emosional dari audience. Di sinilah Anda membutuhkan visual yang mampu membantu membangkitkan emosi.  Visual yang baik akan dapat menjadi media  untuk membantu membawa audiens Anda dalam perjalanan emosional.

 

4 Prinsip desain presentasi

Untuk memastikan bahwa pesan Anda beresonansi dengan pendengar,  Anda dapat mengikuti 4 prinsip desain presentasi dasar ini saat mendesain presentasi Anda berikut ini.

  1. Pilihlah warna yang sesuai

Buat sebagaian besar orang, memilih warna untuk visual presentasi bukan sesuatu yang penting. Padahal sebaliknya, warna adalah salah sat cara utama Anda dapat berkomunikasi secara visual. Bukan warna apa yang Anda gunakan tetapi bagaimana Anda menempatkan warna dengan tepat.

  1. Don't Be Default

Powerpoint memiliki fitur yang berisi template sederhana untuk background yang dapat Anda gunakan dalam presentasi Anda. Tetapi jika Anda ingin terlihat menonjol maka berikan sentuhan lain pada template yang Anda gunakan. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi desain atau bisa langsung mengkreasikan desain dalam slide Anda dengan memanfaatkan berbagai fitur dalam powerpoint. Jangan gunakan desain yang umum digunakan oleh orang lain. Be out of the box.

  1. Gunakan animasi jika diperlukan

Menggunakan animasi terdengar sangat menarik, gaya dan keren. Tapi Anda  tidak dapat menambahkan animasi hanya karena  alasan-alasan ini saja. Anda perlu memikirkan kebutuhan slide dan kebutuhan audience Anda.  Jadi gunakan animasi sesuai kebutuhan dengan penempatan yang tepat. Pastikan juga tidak terlihat berlebihan.

  1. Berikan foto

Cara  lain untuk meningkatkan presentasi Anda adalah dengan memperhatikan pilihan foto Anda. Luangkan waktu Anda untuk menemukan stok foto yang berkualitas, Anda juga bisa membayar seseorang untuk mengambil foto atau bahkan mengunduh dari situs stok foto berbayar.

Demikian 4 prinsip desain presentasi ini dan Anda akan segera membuat presentasi yang menginspirasi dan memotivasi audience Anda. Jika Anda masih ingin membedah lebih dalam mengenai desain presentasi, Anda dapat mengikuti rangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Coursius mengenai kehebatan powerpoint.

 

Sumber:

  1. https://www.instagram.com/p/CSDelVvJBdo/?utm_medium=copy_link
  2. https://ethos3.com/2018/06/importance-presentation-design/